Sabtu, 11 Juni 2011

Yuuk..!! Belajar Solat

Kali ini saya ingin berbagi sebuah Software yang sangat bermanfaat, umumnya untuk semua umat muslim (Khususnya saya.. # masih harus banyak belajar solat # :P). Software ini bernama WinShalat. Software ini berbahasa Indonesia sehingga dapat memudahkan kita dalam penggunaannya untuk mempelajari solat. Dalam software ini hanya ada simulasi solat-solat wajib dan Dzikir setelah solat wajib. Simulasi solat yang dibuat berdasarkan buku Shifat shalat Nabi karya seorang ulama timur tengah, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani dan simulasi dzikir setelah shalat wajib dibuat berdasarkan buku seorang ulama mufti'am kerajaan Saudi Arabia, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.
Silahkan lihat dan dengarkan pelajaran solat ini melalui tombol masing-masing pilihan solat. Gambarnya seperti ini :


Saya beri satu contoh dalam pelaksanaan solat Subuh. Klik tombol Subuh maka akan muncul jendela Pilihan Simulasi Sholat Subuh. Disitu berisi setingan doa dan surat yang ingin kita dengar dan pelajari sebagai doa atau surat yang akan digunakan dalam pelaksanaan solat. Kita bisa memilih doa dan surat, setelah selesai klik Simpan setting lalu klik Ya. Maka akan kembali ke tampilan semula.
Setelah kembali ketampilan semula kita bisa mulai melihat dan mendengarkan simulasi solat dengan menekan tombol tanda panah pada tab Tombol simulasi, untuk melihat dan mendengarkan secara kontinyu kita beri centang pada kotak Otomatis. Dalam setiap gerakan dan doa yang dibaca kita dapat melihat penjelasannya pada kotak yang ada disebelah kiri bertuliskan Bimbingan yang berwarna hijau dan contoh gerakannya pada kotak dibagian bawah bertuliskan Pemaparan. Setelah simulasi solat ini selesai kita klik tombol Berhenti untuk kembali ke menu-menu yang lain.
Selesai solat wajib (dalam simulasi ini adalah solat subuh), simulasi dzikir berikut adalah dzikir setelah solat Subuh yang dapat kita lihat dan dengarkan dengan menekan tombol Dzikir pada bagian kanan atas dari program ini, muncul jendela Dzikir Sesudah Shalat Wajib, gambar berikut :


Kita bisa pilih dzikir yang ingin kita dengar dan pelajari lalu klik Ya. Untuk mulai mendengarkan dan mempelajari bisa ikuti langkah yang sama dengan simulasi solat. WinShalat versi 1.0 Download Disini
Demikian program yang dapat membantu kita dalam mempelajari rukun Islam yang kedua yaitu Solat, semoga menjadi amal baik dan rahmat bagi kita semua.. Amin.
Kalo ada yang ingin bertanya, komentar atau link download tidak berfungsi silahkan tinggalkan pesan pada kotak ShoutMix. Semoga Bermanfaat.