Kamis, 07 Juli 2011

Blue Screen (Layar Biru)

Blue Screen atau layar biru muncul karena komputer memberikan indikasi bahwa ada kerusakan (error) baik pada perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Layar biru ini memberikan kode-kode atau keterangan yang apabila kita pahami maka akan memudahkan kita untuk memperbaiki layar biru tersebut.
Kode-kode atau keterangan yang biasanya tampil pada saat layar biru muncul :

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
Layar biru ini muncul disebabkan masalah driver yang tidak cocok atau bentrok. Kemungkinan lain dari layar biru ini bisa juga disebabkan overclock kartu grafis (VGA) yang berlebihan.
Solusi dari layar biru ini bisa dengan menambahkan VGA jika VGA yang digunakan langsung dari papan induk (on board) atau mengganti kartu grafis (VGA). Jika VGA diganti atau ditambahkan maka driver dari VGA tersebut harus cocok, apabila masih ada driver dari VGA yang lama, uninstall terlebih dahulu sebelum install driver yang baru. Turunkan Clock VGA apabila layar biru masih terjadi.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Layar biru ini muncul disebabkan kesalahan pada konfigurasi jumper harddisk (HDD), virus pada boot sector, driver IDE Controller atau driver chipset yang salah.
Solusi dari layar biru ini dengan memeriksa jumper HDD dan membetulkan konfigurasi Master atau Slave.

FAT_FILE_SYSTEM atau
NTFS_FILE_SYSTEM
Layar biru ini terjadi karena file system pada HDD yang bermasalah.
Solusi dari layar biru ini bisa dengan memeriksa HDD dari Windows Explorer, klik kanan pada drive HDD, properties, tools, check now. Pada tab error checking beri tanda centang pada kedua option, klik OK. Restart komputer. Jika layar biru masih juga muncul, silahkan gunakan software untuk memperbaiki file system yang rusak.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP
Layar biru ini disebabkan oleh adanya Overclock yang berlebihan, memori yang bermasalah atau bios yang error. Kemungkinan lain bisa disebabkan oleh komponen komputer yang terlalu panas (Over Heat).
Solusi dari layar biru ini dengan menurunkan clock processor dan VGA. Periksa juga kipas processor, jika putaran kipas lemah maka kita harus mengganti kipas-kipas tersebut. Apabila layar biru ini disebabkan oleh Bios yang error, kita harus melakukan update bios dan bios yang baru harus cocok dengan papan induk (motherboard). Periksa RAM, apabila terdeteksi RAM bermasalah ganti dengan yang masih berfungsi. Sebelum mengganti RAM jangan lupa perhatikan jenis soket dan kecepatan clock.

UNABLE_TO_LOCATE_DLL
Penyebab layar biru ini adalah kegagalan Windows dalam menjalankan file DLL atau bisa juga karena hilangnya file DLL. Penyebab lain adalah terganggunya file registry.
Solusi dari layar biru ini dengan melakukan repair menggunakan CD instalasi Windows.

UNKNOWN_HARD_ERROR
Layar biru ini disebabkan file penting Registry tidak bisa dijalankan karena file tersebut rusak atau hilang karena rusaknya HDD. Kemungkinan lain karena memori tempat registry tersebut dieksekusi, terdapat Parity Error.
Solusi dari layar biru tersebut dengan memeriksa RAM menggunakan software penguji error RAM. Copot RAM yang bermasalah, ganti dengan yang masih berfungsi. Bersihkan juga Soket dan Pin RAM. Jika layar biru ini masih terjadi coba perbaiki Windows dengan CD instalasinya. 

STATUS_IMAGE_CHECKSUM_MISMATCH
Layar biru ini menandakan adanya masalah pada Driver, file system yang bermasalah, Page File yang rusak atau kerusakan Hardware (RAM atau HDD).
Solusi layar biru ini dengan mengganti RAM atau HDD.

BAD_SYSTEM_CONFIG_INFO
Layar biru ini disebabkan file registry yang rusak. RAM yang bermasalah bisa juga menyebabkan layar biru ini.
Solusi untuk layar biru ini dengan memeriksa Socket dan PIN RAM, bersihkan.

PAGE_FAULT_INONPAGED_AREA
Layar Biru ini muncul karena kerusakan hardware seperti HDD, RAM, atau VGA. Kemungkinan lain yaitu rusaknya L2 Cache Processor.
Solusi untuk layar biru ini dengan mengganti atau memperbaiki komponen yang Rusak.

DATA_BUS_ERROR
Data Bus error disebabkan oleh cacatnya RAM, L2 Cache RAM, VGA atau Clock RAM yang tidak sama. MBR (Master Boot Record) yang diserang oleh Virus bisa menjadi salah satu penyebab layar biru ini.
Solusi untuk layar biru ini dengan menggunakan RAM yang memiliki Clock sama, Scan HDD dengan AntiVirus yang update, perbaiki MBR dengan CD Installer Windows.

STATUS_SYSTEM_PROCESS_TERMINATED
Penyebab pesan ini muncul adalah terganggunya proses penting seperti WINLOGON atau CSRRS. Windows tidak mampu beroperasi karena proses tersebut terganggu. Malware juga bisa jadi penyebab layar biru ini.
Solusi untuk layar biru ini dengan melakukan System Restore pada Safe Mode atau memperbaiki Windows dengan CD Installernya. Jika penyebabnya adalah Malware, bersihkan Malwarenya.

UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME
Layar biru ini muncul karena HDD error.
Solusi untuk layar biru tersebut dengan menggunakan bootable CD windows, masuk ke recovery console gunakan command prompt chkdsk lalu fixboot.


Sebagian besar munculnya layar biru adalah kerusakan atau cacatnya komponen hardware. Kemungkinan kecil layar biru ini muncul karena kerusakan registry, virus dan tidak cocoknya driver dengan hardware. Semoga Bermanfaat.